Jumat, 28 September 2018

Hati hati dengan honda verza !!

Honda verza terkenal dengan harga yang ekonomis.. tapi tidak dengan sparepartnya..

kenapa saya bilang begitu.. untuk mengganti conecting road ( setang piston ). harus ganti satu set dengan kruk asnya broo.. ( di daerah saya .. bukan di kota )

pada suatu hariiiiiii...... dapat job honda verza yang suaranya klotok-klotok.. aki mati total.. injektor tidak normal / sendat sendat kaya telat bahan bakar..

karna keadaan motor datang sudah di naikkan pick up, berati kondisi motor sudah tidak bisa di bawa jalan lagi.. sampai bengkel langsung di cek kompresi.. lha ternyata zonk.. no kompresi.. makin penasaran.... buka busi... lalu kick stater.. sambil ketawa... ( no kompresi )..

tanpa basa basi lagi.. turunkan mesin... niat hati hanya ingin cek kondisi piston saja..
setelah di bongkar.. ela dalah... piston e pecah... dalam hati bagai mana mau ada kompresinya..

akhirnya bongkar mesin total.. karna pecahan piston masuk ke dalam crengcase mesin..
stelah cek cek yang rusak apa saja..

1. setang piston/ seher
2. oversize ganti piston/ seher
dll

cari punya cari... ternyata gak ada jual setang pistonnya buoss.. lha pie iki... tanya sana sini.. katanya emang harus ganti sama kruk asnya.. weladalah.... setelah konfirmasi ke empunya.. di tebuslah satu set kruk as di delaer dengan harga 850.000.. kemudian masalah kruk as selesai..

lanjut di bagian cylinder blok. oversize 50. dan rakit kemudian di hidupkan.. ealah... muncul lagi penyakitnya.. nyendat-nyendat...

karna ini motor sudah pakai injeksi dan harus di cek pakai alat khusus.. jadi masih menunggu bagai mana solusinya..